kepuasan pelanggan

Posted by Dyarkoro Hardi Sunday, August 10, 2008 0 comments
Sebuah perusahaan atau organisasi baik yang sifatnya profit maupun non profit pada dasarnya mempunyai tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Tujuan-tujuan tersebut harus direncanakan dalam suatu program atau metode tertentu kemudian dirumuskan dalam bentuk strategi-strategi yang nantinya dapat diimplementasikan dalam kegiatan operasional sehari-hari. Setiap perusahaan atau organisasi tentunya memiliki khalayak masing-masing. Khalayak (publik) adalah kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan organisasi. Kepada khalayak inilah, tiap-tiap perusahaan atau organisasi mengkomunikasikan tujuan-tujuan yang ingin dicapai perusahaan serta strategi-strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berbasis jasa, yang “dijual” kepada khalayak tak lain adalah jasa atau pelayanan. Berbeda dengan mereka yang menjual produk atau barang, perusahaan atau organisasi yang menjual jasa atau pelayanan harus lebih peka dalam “mengelola” pelanggan atau customer-nya melalui kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini karena jasa atau pelayanan yang dijual atau diberikan bersifat intangibles atau tidak berwujud dan hanya dapat dirasakan oleh khalayak yang terlibat dalam “transaksi” jasa atau pelayanan tersebut.
Salah satu sifat dari jasa atau pelayanan adalah diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan sehingga kepuasan pelanggan terhadap suatu pelayanan sangatlah bergantung pada proses interaksi atau waktu dimana pelanggan dan penyedia jasa bertemu. Oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang jasa untuk mengutamakan dan meningkatkan kualitas pelayanan karena dengan pelayanan yang baik suatu perusahaan atau organisasi akan dinilai memiliki kualitas pelayanan unggul oleh khalayaknya sehingga akhirnya pelanggan mendapatkan kepuasan yang tinggi. Dibutuhkan kegiatan Customer relations dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berbasis jasa untuk menjaga kualitas pelayanan karena pada dasarnya Customer relations merupakan pendekatan yang dipakai untuk mengidentifikasi, menarik perhatian, memperoleh, dan mempertahankan suatu satuan kemampuan pelayanan yang terintegrasi. Customer relations sendiri merupakan aktifitas humas yang khusus diarahkan kepada pelanggan atau khalayak.

Secara umum kegiatan Customer relations terkait dengan peningkatan pelayanan terhadap pelanggan dengan penanganan yang lebih memuaskan, mendidik karyawan untuk memberikan pelayanan yang baik, serta penyebarluasan informasi kepada khalayak organisasi, setiap pelanggan yang datang harus ditangani dengan baik karena pelanggan bukanlah penggangu, tetapi mereka datang untuk memberi perusahaan kesempatan untuk melayani mereka

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: kepuasan pelanggan
Ditulis oleh Dyarkoro Hardi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dyarkoro.blogspot.com/2008/08/kepuasan-pelanggan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of dyarkoro.